UKW Dorong Profesionalisme Wartawan

UKW Dorong Profesionalisme Wartawan

 

UKW Dorong Profesionalisme Wartawan

Persatuan Wartawan Indonesia

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan ke-25 selama dua hari dari Rabu (19/12/2018) sampai Kamis (20/12/2018) di Hotel Ririn, Jalan Pajajaran, Kota Bogor.

Sebanyak 42 peserta yang berasal dari berbagai media di Kota Bogor baik level wartawan, redaktur, redaktur pelaksanaan hingga pimpinan redaksi (pimred) antusias mengikuti UKW sesuai dengan jenjangnya.

“42 peserta dibagi kedalam tiga kelompok, masing-masing 14 orang kelas Utama, 14 orang kelas Madya dan 14 orang kelas Muda. Mudah-mudahan semua lulus,” ujar Ketua Panitia, Muhammad Yusuf.

Ketua PWI Kota Bogor Arihta Utama Surbakti mengatakan

UKW ini merupakan salah satu syarat menjadi wartawan yang berkompeten dan profesional sebagai upaya peningkatan kapasitas wartawan. UKW ini juga akan memberikan manfaat bagi wartawan karena jika lulus mereka akan mendapatkan bukti sertifikasi sebagai wartawan profesional di bidang jurnalistik.

“UKW ini bukan sesuatu yang harus ditakuti karena ujiannya seperti yang sehari-hari wartawan kerjakan, namun juga tidak bisa dianggap remeh terutama terkait jejaring di UKW ini menjadi penilaian yang penting,” imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor

Bima Arya yang hadir mengatakan, profesionalitas wartawan akan membuat wartawan berpegang teguh pada kode etik jurnalistik.

Kota Bogor

Hal tersebut turut memperkuat pemerintahan menjadi semakin profesional dan berada di rel yang kuat. Menurutnya sejauh ini wartawan di Kota Bogor sudah mempunyai keterampilan menulis yang cukup baik. Namun tentu beberapa aspek-aspek lain harus ditingkatkan agar semakin baik dalam setiap pemberitaan.

“Ujungnya sama memberikan berita yang terbaik bagi Kota Bogor,” katanya.

Artikel Terkait: