TEKNIK-TEKNIK HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT

TEKNIK-TEKNIK HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT

TEKNIK-TEKNIK HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT

  1. Laporan Kepada orangtua murid

Laporan yang diberikan oleh sekolah kepada masyarakat berisi laporan tentang kemajuan anak, aktivitas anak disekolah, kegiatan sekolah sendiri dan segala sesuatu yang terjadi disekolah sehubungan dengan pendidikan anak.

  1. Bulletin bulanan

Bulletin bulanan dapat diusahakan oleh guru, staf sekolah dan para orangtua yang dapat diterbitkan satu bulan sekali. Isi bulletin bulanan ini adalah tentang kegiatan sekolah, artikel-artikel guru dan murid, pengumuman-pengumuman sekolah, berita-berita sekolah, dan berita-berita masyarakat yang perlu diketahui sekolah dan sebagainya.

  1. Penerbitan surat kabar

Isinya menyangkut segala aspek yang menunjang kesuksesan program pendidikan. Artikel-artikel yang dimuatpun harus yang berkaitan dengan dunia pendidikan sesuai dengan bidang yang dipelajari anak didik.

  1. Pameran sekolah

Pameran sekolah merupakan metode yang sangat efektif untuk memberikan gambaran tentang keadaan sekolah dengan berbagai hasil aktivitasnya. Masyarakat dapat melihat secara langsung keadaan sekolah dengan mengunjungi pameran tersebut.

  1. “open house”

Merupakan suatu metode mempersilahkan masyarakat yang berminat untuk meninjau sekolah serta mengobservasi kegiatan dan hasil kerja murid dan guru yang diadakan pada waktu yang telah terjadwal.

  1. Kunjungan ke sekolah

Kunjungan ke sekolah ini dapat dilakukan oleh para orangtua sewaktu-waktu, sehingga mereka dapat melihat kewajaran yang terjadi di sekolah itu.

  1. Kunjungan ke rumah murid

Dilakukan untuk melihat latar-belakang kehidupan murid di rumah. Penerapan metode ini akan mempererat hubungan antara sekolah dengan orangtua murid, di samping dapat menjalin silaturahmi antara guru dengan orangtua murid.

  1. Melalui penjelasan oleh staf sekolah

Kepala sekolah hendaknya berusaha agar semua personel sekolah turut aktif mengambil bagian dalam menyukseskan program hubungan sekolah dengan masyarakat. Para personel sekolah dapat memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang policy sekolah, organisasi sekolah dan semua kegiatan sekolah.

  1. Gambaran keadaan sekolah melalui murid

Murid dapat juga didorong untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang keadaan sekolah. Jangan sampai bahkan murid menyebarkan isu-isu yang tidak baik mengenai sekolah kepada mayarakat.

  1. Melalui radio dan televisi

Radio dan televise memiliki daya yang kuat untuk menyebarkan pengaruh melalui informasi yang disiarkannya. Keduanya cepat sekali membentuk “public opinion” yang sangat dibutuhkan dalam program hubungan sekolah dengan masyarakat ini.

  1. Laporan tahunan

Disusun oleh kepala sekolah untuk diberikan kepada pemilik sekolah atau kepada kantor departemen P dan K kecamatan yang membawahinya atau kepada atasan langsungnya. Isi laporan tersebut antara lain mencakup kegiatan yang telah dilakukan, kurikulum, personalia, anggaran dan situasi murid.


Sumber:

https://haciati.co/travian-apk/