Syarat-syarat Koordinasi

 Syarat-syarat Koordinasi

 Syarat-syarat Koordinasi

Adapun syarat-syarat khusus umum yang ada dalam koordinasi adalah sebagai  berikut:

  1. Sense of cooperation (perusahaan untuk bekerja sama), ini harus dilihat dari sudut bagian pembagian bidang pekerjaan, bukan orang per orang.
  2. Rivalry, dalam perusahaan-perusahaan besar sering diadakan persaingan antara bagian-bagian, agar bagian-bagian ini berlomba-lomba untuk mencapai kemajuan
  3. Team Spirit, artinya satu sama lain pada setiap bagian saling menghargai
  4. Esprit de corps, artinya bagian-bagian yang diikutsertakan atau dihargai, umumnya akan menambah kegiatan yang bersemangat.[17]

Ringkasnya kekuatan suatu organisasi ditentukan oleh spirit-esprit atau semangatnya. Semangat ini ditentukan oleh tujuans dan cara-cara mencapai tujuan itu dan ini meliputi doktrin. Selain semangat koordinasi juga harus mempunyai aspek-aspek formal yaitu metode-metode, teknik yang ditunjukan untuk mengeja/mencapai sasaran tersebut.


  1. Prinsip-Prinsip Koordinasi

Prinsip-prinsip koordinasi disingkat KOORDINASI

  1. Kesamaan: sama dalam visi, misi, dan langkah-langkah untuk mencapai tujuan bersama (sense of porpose).
  2. Orientasikan: titik pusatnya pada sekolah (sebagai koordinator) yang simpul-simpulnya stakeholders sekolah.
  3. Organisasi: diatur orang- orang yang berkoordinasi untuk mebina yaitu harus berada dalam satu payung (terorganisasi) sehingga sikap egosektoral dapat terhindari.
  4. Rumuskan: nyatakan secara jelas wewenan, tanggung jawab, dan tugas masing-masing agar tidak tumpang tindih.
  5. Diskusi: cari cara yang efektif, efisien, dan komunikatif dalam berkoordinasi.
  6. Informasikan: semua hasil diskusi dan keputusan mengalir cepat kesemua pihak yang ada dalam sistem jaringan koordinasi (coordination network system).
  7. Negosiasikan: dalam perundingan mencari kesepakatan harus saling menghirmati (team spirit) dan usahakan menang-menang jangan sampai pihak lain sebagai koordinasi justru dirugikan.
  8. Atur jadwal: rencanakan koordinasi dan harus dipatuhi dengan sebaik-baiknya oleh semua pihak.
  9. Solusikan: satu masalah dalam simpul jaringan harus dirasakan dan dipecahkan semua stakeholders dengan sebaik-baiknya.
  10. Insafkan: setiap stakeholders harus memiliki laporan tertulis yang lengkap dan setiap menginformasikannya sesuai dengan kebutuhan koordinasi.[18]

https://bugscode.id/liberty-stone-apk/