Standar Kompetensi Guru

Standar Kompetensi Guru

Standar Kompetensi Guru
Standar Kompetensi Guru

Pengertian Standar Kompetensi

Standar adalah kriteria yang telah dikembangkan dan ditetapkan berdasarkan sumber, prosedur, dan manajeman yang efektif. Maksud dari kriteria adalah sesuatu yang menggambarkan ukuran keadaan yang dikehendaki. Adapun kompetensi adalah seperangkat tindakan intelegen penuh tanggung jawab yang harus dimiliki sesorang sebagai syarat untuk dianggap mampu melaksanakan tugas-tugas dalam bidang pekerjaan tertentu. Sifat intelegen ini ditunjukan kepada kemahiran, ketepatan dan keberhasilan dalam bertindak.

Kompetensi guru dapat pula dimaknai sebagai kematangan pengetahuan, keterampilan dan prilaku yang berwujud tindakan cerdas serta penuh tanggung jawab dalam melaksanakan tugas sebagai seorang pendidik. (https://portal.iro.unsoed.ac.id/manajemen/gambar-jaringan-tumbuhan-dan-cirinya/)

Dalam undang-undang no. 14 tahun 2005 pasal 1 ayat 10 Kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.

Kompetensi yang dimiliki oleh setiap setiap guru akan menunjukan kualitas profesionalisme seorang guru. Jadi, yang dimaksud dengan standar komptensi guru adalah suatu ukuran yang ditetapkan atau disyaratkan kepada seluruh guru dalam bentuk penguasaan pengetahuan dan berkepribadian layaknya seorang guru sesuai dengan kualifikasi dan jenjang pendidikan serta jabatan fungsionalnya sebagai pendidik.

Adapun ruang lingkup standar komptensi guru menurut Abdul Majid adalah sebagai berikut:

1.        Komptensi pengelolaan pembelajaran

  1. Penyusunan perencanaan pembelajaran
  2. Pelaksanaan interaksi pembelajaran
  3. Penilain prestasi belajar peserrta didik
  4. Tindak lanjut dari hasil penilaian
  5. Kompetensi pengembangan potensi lebih diorientasikan pada pengembangan profesi
  6. Komptensi penguasaan akademik
  7. Pemahaman wawasan pendidikan
  8. Penguasaan bahan kajian akademik

 

  1. Landasan Hukum

Landasan hukum mengenai Standar Kompetensi Guru tercantum dalam Peraturan Mentri Pendidikan Nasional (PERMENDIKNAS) No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru yang ditetapkan tanggal 4 Mei 2007.

Pasal 1 :

(1)   Setiap guru wajib memenuhi Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi guru yang berlaku secara nasional.

(2)   Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi guru sebagaimana dimaksud ayat (1) tercantum dalam lampiran Peraturan Mentri ini.

Pasal 2 :

Ketentuan mengenai guru dalam jabatan yang belum memenuhi kualifikasi akademik Diploma IV (D IV) atau Sarjana (S1) akan diatur dalam Peraturan Mentri tersendiri.

C.       Standar Kompetensi Guru

Fungsi adanya Standar Kompetensi Guru :

  1. Sebagai kerangka acuan untuk menunjukan bagaimana mereka melaksanakan tugasnya sebagai agen pembelajaran.
  2. Sebagai evaluasi untuk menilai kompetensi mereka dalam proses pembelajaran.