Segera Kenali Gejala Skizofrenia Sejak Dini

Segera Kenali Gejala Skizofrenia Sejak Dini – Skizofrenia, gangguan jiwa berat yang rentan menyerang umur 15-35 tahun. Perilaku sosial yang tertutup dan evolusi pola istirahat adalahgejala mula yang seringkali mulai berkembang pada umur remaja. Sayangnya gejala-gejala itu hanya dirasakan sebagai evolusi tingkah laku remaja sehingga ingin diacuhkan.

Belum diketahui penyebab gangguan jiwa ini, yang jelas hal lingkungan dan genetik berperan dalam pembentukan situasi ini. Di Tanah Air, penyakit ini barangkali masih tersiar asing dan sering dikaitkan dengan urusan gaib, laksana kerasukan makhluk halus.

Karena itu, penderita tidak mendapat penyembuhan yang seharusnya dan tidak sedikit yang selesai dipasung. Padahal, andai cepat terdiagnosis, maka kian cepat pula masalah kesehatan jiwa ini ditangani dengan kesempatan sembuh yang pun besar sampai-sampai penderitanya dapat kembali hidup secara normal.

Ketua Pusat Kebijakan Pembiayaan Manajemen Asuransi Kesehatan (KP-MAK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Diah Ayu Puspandari menuturkan skizofrenia paling tidak sedikit ditemukan pada orang dengan umur produktif.

“Karenanya, bilamana penyakit ini tidak diatur laksana dengan baik, akan tidak sedikit sekali ongkos kesehatan yang mesti dikeluarkan family maupun negara,” katanya.

Forum Southeast Asia (SEA) Mental Health Forum 2018 di Jakarta, yang dilangsungkan di Jakarta pada 30-31 Agustus 2018 lalu, dimaksudkan guna saling berbagi pembelajaran dan mengembangkan strategi untuk menanggulangi kesenjang an dalam manajemen kesehatan men tal di negara-negara Asia Tenggara.

Diselenggarakan oleh Johnson & Johnson, lebih dari 150 peserta yang berasal dari kalangan dari bisnis, pemerintah, organisasi internasional, masyarakat sipil, akademisi dan media bakal berpartisipasi dalam forum yang bertemakan “Mewujudkan kepedulian bareng untuk penyembuhan Skizofrenia”.

Baca Juga: