PRINSIP DALAM DEMOKRASI PANCASILA

PRINSIP DALAM DEMOKRASI PANCASILA

PRINSIP DALAM DEMOKRASI PANCASILA

Di dalam demokrasi Pancasila, ada berbagai prinsip yang menjadi dasar dalam menjalankan sistem ini. Dimana prinsip yang ada tersebut wajib dijadikan patokan untuk menerapkan sistem demokrasi ini. Berikut adalah beberapa prinsip dalam demokrasi pancasila.

1. ADANYA PERLINDUNGAN AKAN HAM

Demokrasi pancasila sangat menjujung tinggi Hak Asasi Manusia. Sehingga, di dalam sistem ini akan ada perlindungan secara khusus akan Hak Asasi Manusia. Berbagai bentuk pelanggaran HAM akan ditindak.

2. KEPUTUSAN DIAMBIL DENGAN MUSYAWARAH

Keputusan yang ada, baik itu hubungannya dengan sistem ataupun masyarakat, harus dibuat dengan cara musyawarah. Musyawarah di sini dilakukan untuk mendapatkan mufakat dan kesepatan bersama berdasar pada pilihan yang terbaik.

3. ADANYA PARTAI POLITIK DAN ORGANISASI SOSIAL

Di dalam demokrasi Pancasila, ada yang namanya partai politik dan juga berbagai organisasi sosial yang lain. Beberapa partai politik dan organisasi tersebut bertujuan untuk menyambungkan aspirasi rakyat. Karena di dalam demokrasi ini, aspirasi dari rakyat amat diprioritaskan.

4. MELAKSANAKAN PEMILIHAN UMUM

Demokrasi Pancasila memiliki tugas melaksanakan pemilihan umum. Pemilihan umum sendiri merupakan salah satu wujud dari demokrasi. Pemilu mengunggulkan aspirasi dan pilihan rakyat di dalam memilih seorang pemimpin Negara ini.

5. ADANYA KESEIMBANGAN DI ANTARA HAK DAN KEWAJIBAN

Prinsip berikutnya dari demokras Pancasila adalah terdapat keseimbangan di antara hak dan kewajiban. Antara hak dan kewajiban harus berjalan keduanya. Dan sebelum seseorang menuntut apa yang menjadi haknya, sebaiknya ia melakukan kewajibannya terlebih dahulu.

6. SEMUA KEDAULATAN NEGARA ADA DI TANGAN RAKYAT

Di dalam demokrasi Pancasila, kedaulatan berada di tangan rakyat. Bahkan, semboyan yang kerap dilontarkan dalam demokrasi ini adalah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Hal ini juga diterapkan berdasarkan kepada Undang Undang Dasar 1945, Pasal 1 Ayat 2.

7. ADANYA KEBEBASAN DAN TANGGUNG JAWAB SECARA MORAL

Demokrasi Pancasila menghendaki yang namanya kebebasan. Semua orang bebas untuk menentukan dan memilih apa yang dikehendaki. Namun, kebebasan yang ada tersebut juga harus diiringi dengan tanggung jawab secara moral. Baik itu tanggung jawab kepada Tuhan. Diri sendiri, Negara ataupun masyarakat.

8. MENJUNJUNG TINGGI AKAN CITA-CITA DAN TUJUAN NASIONAL

Demokrasi Pancasila juga sangat menjunjung tinggi cita cita serta tujuan nasional. Sehingga, membutuhkan berbagai upaya terbaik untuk memajukan bangsa ini sesuai dengan tujuan yang dibuat.

9. PEMERINTAHAN DIJALANKAN BERDASARKAN HUKUM

Selanjutnya, pemerintahan dijalankan harus berdasarkan kepada hukum. Hal ini sesuai dengan Undang Undang Dasar 1945 yang intinya adalah Negara ini dijalankan berdasarkan hukum yang ada. Sistem konstitusi yang ada pemerintah memiliki sifat yang absolut dan rakyat memiliki kekuasaan yang paling tinggi.


Sumber: https://www.tawakaltourtravel.co.id/driving-quest-apk/