Perawatan Kopling Motor

Perawatan Kopling Motor

a)      Rajin mengganti oli motor.

Secara umum banyak sekali orang yang mengabaikan betapa pentingnya mengganti oli pada waktu yang tepat. Maksud dari waktu yang tepat bukan bukan melihat bulan ganti olinya, tapi melihat sudah berapa jauhkah speedo meter menunjukan kilometernya. Jika sudah menunjukan waktu ganti oli maka segeralah ganti oli anda, karena jika moytor terus bergesek karena oli sudah tidak berfungsi dengan baik akan menimbulkan kurangnya responsifitas pada si motor ketika di kendarai bermanufer di jalan raya.
b)      Periksa kanvas kopling.
Periksalah kanvas kopling secara berkala agar meminimalisir ketidak maksimalan motor bekerja. Jika setelah anda periksa ternyata tidak ada masalah pada bagian kanvas, maka cek yang lainya yaitu per kopling. Mengapa pir kopling? Yap, karena jika ada masalah pada pir kopling, maka kinerja kanvas akan ikut tergangu. Saya sarankan bila anda memiliki budget yang cukup, maka segeralah ganti bagian tersebut dengan yang baru.
c)      Selalu bersihkan kabel tali kopling.
Kasarnya tarikan tali kopling dari dalam mesin yang melewati bagian dalam kabel adalah salah satu hal yang membuat motor kopling bermasalah. Tapi tenang! Cara mengatasinya cukup mudah, yaitu bersihkanlah tali kopling dan juga saluranya dengan cara memumasi pelumas atau mengunakan cairan pembersih karat khusus untuk motor. Hal ini berguna untuk menghilangkan kotoran pada kabel, yang dapat menghambat proses transmisi gigi motor.
d)     Menambahkan tul.
Tul adalah alat yang di letakan di sebelah kanan bawah, tepatnya pada daerah gearboks. Alat ini membut tuas yang berada di bagian bawah menjadi lebih panjang dan fungsinya agar ketika menarik kopling akan menjadi lebih enteng dan nyaman tentunya.
e)      Sesuaikan gigi.
Ketika anda sedang memulai berkendara atau start awal berkendara, maka usahakan untuk selalu mengunakan gigi satu terlebih dahulu, karena jika kita langsung naik di atasnya maka akan ada resiko nantinya, seperti terbebaninya kopling sehingga kan mempercepat proses keausan pada si motor dan ujung-ujungnya kita harus menservis agar keausan pada motor dapat di perbaiki. Selain itu bagi riders motor kopling harus rajin menetralkan tuas transmisi ketika berhenti. Misalkan ketika berhenti di lampu merah. Hal in di lakukan agar motor anda tidak cepat rusak.
Memang banyak sekali perawatan yang harus kita lakukan pada sebuah kendaraan, terutama pada bagian sistem karena memiliki peranan yang sangat penting untuk proses melajunya si motor nanti. Selain itu, perawatan perlu dan sangat harus di lakukan secara berkala agar si motor tetap dalam kondisi prima dan bagus performanya.
Satu kata yang tepat adalah mencegah lebih baik dari pada membenahi. Karena jika sudah terlanjur terjadi kerusakan pada si motor al hasil akan repot juga akhirnya. Maka selalu rawat dan jaga mesin motor anda, agar selalu awet dan prima. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

Sumber: https://www.gurupendidikan.co.id/jasa-penulis-artikel/