Peran Kekhalifaan Alam Semesta Dan IPTEK

Peran Kekhalifaan Alam Semesta Dan IPTEK

 

Perintah Mencari Ilmu

 

Peran Kekhalifaan Alam Semesta Dan IPTEK– Al Qur’an sebagai sumber pertama dari ajaran Islam telah memerintahkan, agar setiap pemeluknya mempelajari ilmu pengetahuan. Dijelaskan pada Q.S. Al Alaq: 1-5.

Ayat yang pertama memerintahkanj, supaya belajar membaca. Ayat yang kedua, yaitu ilmu hayat yang membicarakan tentang kejadian manusia. Ayat yang ketiga dan keempat mempertegas lagi tentang perintah membaca dan menulis.

 

Peran Kekhalifaan Alam Semesta Dan IPTEK

 

Agama Islam benar-benar menepatkan ilmu itu pada tempat yang terhormat. Bukti nyata adalah wahyu yang perrtama diturunkan bukan ayat yang berhubungan dengan ibadah shalat, puasa, menunaikan zakat, puasa, naik haji, dan kewajiban-kewajiban lainnya, tetapi justru ayat yang berhubungan dengan baca dan tulis.

 

Keserasian Al-Qur’an dan IPTEK

Mukjizat ilmiah yang datang dari Tuhan Yang Maha Mengetahui segala rahasia yang di langit dan bumi.

Kontribusi Islam dalam Pengembangan IPTEK

1. Teknik Irigasi
2. Geology
3. Meteorology
4. At Thib (Kedokteran)
5. Farmasi dan Kimia
6. Ilmu Falak dan Nujum
7. Ilmu Teknik

Peran Kekhalifaan Alam Semesta

Tuhan telah menciptakan manusia kedunia ini dengan dua tugas utama, yaitu sebagai hamba dan wakil Tuhan (khalifahtullah) dalam mengelolah bumi.

Manusia diberi kebebasan untuk menggali dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk kemaslahatan, kebaikan, ketentraman dam kemakmurannya. Untuk dapat melakukan semua itu manusia memerlukan keseimbangan IMTAK dan IPTEK.

 

Artikel terkait