Peralatan Pendukung

Peralatan Pendukung

Peralatan Pendukung
Peralatan Pendukung

1) Digitizer

Digitizer sebagai perangkat yang digunakan untuk “memindahkan” data yang ada di kertas (hard copy) menjadi data vektor (bukan data raster). Data tersebut “dipindahkan” dengan menelusuri gambar yang ada di kertas atau hard copy dengan cara mengklik dalam segmen tertentu. Digitizer adalah mirip dengan mouse namun gerakannya hanya terbatas pada wilayah meja digitizer. Selain itu juga juga lebih sensitif dan presisi. Dengan melakukan setting tertentu, maka gerakan mouse digitizer akan mengikuti gambar dengan sistem koordinat yang ada di kertas / peta yang bersangkutan.

2) Scanner

Berbeda dengan digitizer, perangkat ini berfungsi untuk memindahkan data yang berupa hard copy (kertas) menjadi data raster (bukan vektor). Data tersebut “dipindahkan” dengan melakukan scanning (mirip fotocopy). Kualitas hasilnya sangat tergantung dari resolusi yang dimiliki oleh scanner tersebut. Data raster yang dihasilkan dapat ‘dirubah’ menjadi data vektor menggunakan perintah register di dalam program MapInfo

ploter untuk mencetak peta

3) Kamera Digital

Kamera digital adalah kamera yang tidak membutuhkan film sebagai media perekamannya, namun menggunakan disket atau card dan hasilnya berupa file yang dapat dibuka di komputer. Kelebihan kamera digital ini adalah kualitas gambar akan lebih bagus dibandingkan dengan hasil cetakan foto yan discanning menggunakan scanner.

4) Media Backup

Media backup bagi data GIS diperlukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dengan keberadaan data tersebut.

5) Jaringan Komputer (LAN)

Jaringan komputer diperlukan bilamana data GIS perlu di”share” dengan pengguna lain sehingga pengguna tersebut dapat memanfaatkan data GIS untuk keperluan yang bersangkutan atau “ingin” melihat data GIS melalui komputer lain untuk keperluan tertentu.

Sumber : https://synthesisters.com/journey-apk/