Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) dan Macam Macam Ham

Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) dan Macam Macam Ham

Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) dan Macam Macam Ham
Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) dan Macam Macam Ham

Pengertian HAM Menurut Para Ahli

Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) | Apa itu HAM, Menurut Mahfud M.D., Pengertian hak asasi manusia atau HAM adalah hak yang melekat pada martabat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan dan hak tersebut dibawah sejak lahir ke permukaan bumi sehingga hak tersebut bersifat fitri (kodrati), bukan merupakan pemberian manusia atau negara. Menurut John Locke, pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) adalah hak hak yang diberikan langsung oleh Tuhan Yang Maha Pencipta sebagai hak kodrati atau dari lahir. Oleh karena itu, tidak ada kekuasaan (power) apapun di dunia yang dapat mencabutnya. HAM bersifat sangat mendasar (fundamental) bagi hidup dan kehiduan manusia dan merupakan hak kodrat yang tidak bisa dilepaskan dari dalam kehidupan manusia.

Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) | Menurut Prof.Mr. Koentjoro Poerbopranoto

memberikan arti mengenai Hak asasi manusia (HAM), yaitu hak yang bersifat asasi. Hal ini berarti, hak hak yang dimiliki manusia menurut kodratnya yang tidak dapat dipisahkan dari hakikatnya sehingga sifatnya suci.

 

Sementara itu, menurut HAR Tilaar, pengertian HAM (Hak Asasi manusia)

adalah hak hak yang melekat pada diri manusia dan tanpa hak hak itu, manusia tidak dapat hidup layak sebagai manusia, hak tersebut diperoleh bersama dengan kelahirannya atau kehadirannya di dalam kehidupan masyarakat.
Berdasarkan Undang Undang nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM) bahwa pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, Pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.

Hak asasi manusia (HAM) pada dasarnya bersifat umum

atau universal karena diyakini bahwa beberapa hak yang dimiliki manusia tidak memiliki perbedaan atas bangsa, jenis kelamin ataupun ras. Dasar hak asasi manusia (HAM) adalah manusia berada dalam kedudukan yang sejajar dan memiliki kesempatan yang sama dalam berbagai macam aspek untuk mengembangkan segala potensi yang dimilikinya.
Baca Juga :