Mengenal Mangga Alpukat Produk Holtikultural Unggulan Dari Pasuruan

Mengenal Mangga Alpukat Produk Holtikultural Unggulan Dari PasuruanMengenal Mangga Alpukat Produk Holtikultural Unggulan Dari Pasuruan

Ada yang unik dari buah mangga asal pasuruan yang sedang viral ini. Selayaknya buah mangga pada umumnya, namun keunikan dari mangga hasil dari produk holtikultural unggulan dari Pasuruan, Jawa Timur ini dalah dari cara menyantapnya. Mangga alpukat tidak perlu dikupas, untuk menikmatinya cukup dengan membelah buahnya seperti buah alpukat.

Apa itu mangga alpukat?

Mangga Alpukat adalah Mangga jenis Gadung Klonal 21 yang mulai dikembangkan sejak tahun 1994. Mangga alpukat asal Kabupaten Pasuruan ini telah berhasil mendapat penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2013 silam dalam lomba Agribis Holtikultura Tanaman Buah Mangga Tingkat Nasional 2013.

Mangga Alpukat memang merupakan jenis mangga Gadung. Tetapi, karena buah ini matang di pohon serta kondisi tanah disana yang cukup kering, serat buah mangga alpukat jauh berbeda dengan mangga Gadung di tempat lain. Serat yang terdapat pada mangga alpukat Pasuruan lebih lembut dan mudah terlepas dari bijinya. Karenanya, mangga alpukat ini bisa dimakan dengan cara memutarnya pada bagian biji dan langsung disendok seperti ketika makan alpukat.

Mangga alpukat saat ini dibudidayakan hanya didaerah Pasuruan. Salah satunya adalah budidaya mangga alpukat di Kecamatan Rembang, Pasuruan. Disini mangga alpukat ditanam pada lahan seluas 4.000 hektar. Petani mangga alpukatpun tidak perlu susah payah memasarkan hasil panennya, karena pembeli datang sendiri ke kebun mangga alpukat.

mangga alpukat pasuruan
Foto : food.detik.com

Harga Mangga Alpukat Perkilo

Pemasaran mangga alpukat sebenarnya sudah sampai kebeberapa kota besar dipulau Jawa seperti Surabaya. Bahkan pengiriman hasil panen mangga alpukat ini bisa mencapai 5 kwintal dalam sekali pengiriman. Meski begitu para petani umumnya juga melayani pembelian langsung dikebun. Banyak warga dari dalam maupun luar Pasuruan penasaran akan mangga alpukat yang unik ini. Mereka memilih untuk datang langsung dan ada juga yang ingin memetiknya langsung dari pohonnya.

RECENT POSTS