Mencegah Rasa Stres Pada Anak

Mencegah Rasa Stres Pada Anak

Ada sejumlah langkah kongkrit yang dapat dilakukan orang tua untuk menolong anaknya yang merasakan stres.

1. Terapkan pola asuh yang lebih terbuka

Ada bisa jadi penyebab stres ialah sikap orang tua yang terlampau keras pada anak. Orang tua dapat bertukar pikiran dengan anak ketika akan merealisasikan peraturan yang mesti dibuntuti anak. Jelaskanlah dalil aturan itu harus ada, supaya anak belajar memahami. Berikan kesempatan untuk anak untuk berkata saat dia tidak menyenangi sebuah aturan, lantas ajak anak bertukar pikiran untuk merealisasikan aturan yang tidak memberatkannya.

2. Tingkatkan intensitas komunikasi dalam keluarga

Perasaan aman dan nyaman mesti didahului dari dalam rumah. Ciptakanlah keadaan yang mengasyikkan dalam rumah. Meski orang tua paling sibuk dengan pekerjaan, komunikasi dengan anak mesti menjadi prioritas dalam hidup. Di ketika orang tua mendapat hari libur, pastikan masa-masa tersebut dipakai untuk bermain bareng anak. Dengan intensitas komunikasi yang tinggi, bakal memperbesar kesempatan anak guna kembali ceria.

3. Melatih Anak menjadi mandiri

Meski di umur dini, orang tua mesti mengajarkan mengenai pentingnya kemandirian. Kemampuan ini secara tidak langsung bakal memperkuat mentalnya di masa mendatang. Latihlah dengan memberi tanggung jawab kecil seperti mencuci kamar atau mainannya sendiri. Kemandirian juga dapat dibentuk dengan melatihnya menciptakan sebuah keputusan. Misalnya saat melakukan pembelian barang di pasar atau supermarket, ajak anak guna memilih barang yang dibutuhkan.

4. Berikan masa-masa istirahat cukup

Anak umur 5-6 tahun usahakan tidak terlalu tidak sedikit diberi ruang belajar tambahan laksana kursus andai bukan kemauannya. Waktu luang itu lebih baik dipakai untuk beristirahat. Dengan mengistirahatkan tubuh, benak anak pun akan lebih relaks dan tidak bakal terlalu tidak sedikit memikirkan hal-hal yang membuatnya stres.

5. Berikan peluang bermain dan mengekspresikan diri

Salah satu penyebab stres ialah anak tidak mempunyai teman di sekolah. Orang tua bisa mengarahkannya guna bermain bareng tetangga atau bergabung pada klub yang cocok dengan minatnya, contohnya klub melukis. Pada klub tersebut, selain bisa mengekspresikan talenta yang dimilikinya, anak juga dapat bergaul dengan teman-teman yang memiliki keserupaan minat dengannya.

sumber : http://www.rosoftdownload.com/get/download/windows/avira-antivir-personal-free-antivirus/?url=//www.pelajaran.co.id