MEMBANGUN KETEGASAN MENJAGA KEDEKATAN

MEMBANGUN KETEGASAN MENJAGA KEDEKATAN

MEMBANGUN KETEGASAN MENJAGA KEDEKATAN
MEMBANGUN KETEGASAN MENJAGA KEDEKATAN

Biasanya, pemimpin yang idealis llebih banyak mendapatkan cibiran daripada pujian. Pujian hanya datang kelak, ketika idealism yang dimilikinya menunjukkan keberhasilan yang nyata. Demikian juga guru yang idealis. Kalau ingin diahami orang lain, jadilah orang yang idealis. Namun jika, bersikap pragmatis, yang prinsipnya hanya membela kepentingan sesaat, maka anda akan terus terombang-ambing oleh keadaan di sekeliling anda. Untuk itulah anda perlu mencari hal-hal yang bisa dijadikan prinsip sebagai seorang guru. Kemudian, berjuanglah dengan prinsip-prinsip itu. Jangan pedulikan cibiran orang lain selagi anda yakin dengan prinsip yang anda pegang. Guru dapat elakukan pendekatan terhadap siswa degan bentuk lain yang tidak mengorbankan prinsip-prinsipnya.

Visi yang besar harus dibangun, sedangkan visi detail harus dirangkai dan dirumuskan. Rumusan visi detail anda sebagai guru tidak hanya dibutuhkan di dalam kelas. Visi detail itu juga diperlukan di luar kelas. Untuk itu, rumuskanlah visi detail secara tertulis agar tidak lupa. Akan bahaya jika rumusan yang anda buat hanya disimpan dalam angan karena setiap orang mempunyai sifat sering lupa. Jika anda lupa rumusan yang sudah pernah disosialisasikan kepada siswa maka anda akan dipandang sebagai sosok yang tidak konsisten.

Hukuman dan imbalan laksana pisau bermata dua. Jika kita bisa menggunakannya dengan benar, ia akan meringankan pekerjaan kita. Anak yang melakukan pelanggaran sewajarnya mendapatkan hukuman. Ketika member hukuman kepada siswa hendaknya dihindari hukuman yang terlalu keras atau berat. Hukuman yang terlalu keras dapat menyebabkan luka batin mau pun lahir. Seorang guru dituntut untuk berhati-hati saat memberikan hukuman yang dianggap mendidik. Jika guru tidak tepat dalam memberikan hukuman, hal-hal yang tidak diinginkan sangat mungkin terjadi. Berikut beberapa model pengomunikasian hukuman kepada siswa :

Baca Juga :