Memahami, fungsi dan tujuan Pancasila

Memahami, fungsi dan tujuan Pancasila – seperti kita ketahui bahwa Pancasila adalah dasar negara kita, Indonesia. Dan kita harus mulai dengan warna negara Indonesia, perlu belajar lebih banyak tentang dasar-dasar negara kita, mulai dengan pemahaman tentang Pancashira, fungsi Pancashira, dan tujuan Pancashira. Di mana Pancasila sering dibahas di sekolah dan mata pelajaran PPKN juga.

Pancasila memiliki simbol Garuda, dan pada saat yang sama simbol Garuda memiliki gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, beras, kapas, yang mencerminkan setiap makna dari lima sila panicasila.

Sejarah Ketentuan Pancasila

Sejarah istilah Pancasila mulai dikenal dari era kerajaan Majapahit dan Sriwijaya di mana sila yang termasuk dalam Pancasila telah diterapkan dalam kehidupan masyarakat dan kerajaan bahkan jika lima sila tidak dirumuskan secara khusus. Itu tidak sempurna jika Anda tidak tahu. Dalam Sutasoma yang ditulis oleh MPU Tantular, Pancasila berarti “mendukung lima sendi” atau “pelaksanaan kesopanan 5”.

Dalam Buddhisme ada juga istilah Pancasila yang ditulis dalam bahasa Pali, yaitu “Pancha Sila” yang berarti lima tabu atau larangan. Itu adalah:

Jangan mencuri.
Jangan berbohong.
Mungkin tidak cemburu.
Tidak ada kekerasan.
Tolong jangan minum obat.

Memahami Pan-Kashira

Menurut para ahli pahami Pancasila

Menurut Ir Sukarno:

Ini adalah isi jiwa warga negara Indonesia yang telah diturunkan selama berabad-abad oleh budaya Barat. Dengan cara ini, pankashira tidak hanya filsafat bangsa, tetapi juga filsafat negara Indonesia yang lebih luas.

Menurut Muhammad Yamin:

Pancasila berasal dari kata Panca. Ini berarti Lima dan Sila. Dengan kata lain, ini berarti kode perilaku bersama, maju, mendasar atau baik dan penting. Dengan kata lain, Pancasila memiliki lima basis termasuk pedoman dan aturan tentang tindakan yang baik dan penting.

Menurut Notonegoro:

Kami menyimpulkan bahwa Pancasila adalah dasar dari filosofi negara Indonesia dan bahwa Pancasila adalah dasar dari filosofi dan ideologi nasional yang diharapkan dapat menjadi pandangan tentang kehidupan negara Indonesia sebagai basis yang bersatu, simbol persatuan dan persatuan Anda. bisa melampirkan.

Fungsi Pancasila

Pancasila sebagai jiwa rakyat Indonesia
Setiap negara memiliki jiwanya sendiri yang disebut Volkgeish. Ini berarti Jiwa Bangsa atau Jiwa Rakyat. Pancashira sebagai jiwa negara Indonesia, tempat Indonesia berfungsi untuk tetap hidup dalam semangat Pankashira. Warga negara Indonesia lahir sejak Deklarasi Kemerdekaan Indonesia.

Pancasila sebagai kepribadian Indonesia

Fungsi Punkishira sebagai kewarganegaraan Indonesia adalah sebagai masalah yang memberikan negara gaya yang unik dan membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain. Fitur ini diwujudkan oleh perilaku dan sikap spiritual, sebagaimana tersirat oleh kepribadian.

Pancasila sebagai sumber semua hukum

Pancasila berperan sebagai akar dari semua undang-undang adalah untuk mengatur semua undang-undang yang berlaku di Indonesia. Semua undang-undang harus mematuhi Pancasila dan menggunakannya sebagai akarnya.

Ini berarti bahwa semua undang-undang yang berlaku tidak boleh bertentangan dengan Pancasila. Jadi, meskipun semua sila Pancasila memiliki nilai fundamental, hukum adalah manfaat atau penjelasan terperinci dari perintah-perintah Pancasila.

Sumber tatanan hukum Republik Indonesia adalah pandangan hidup, cita-cita hukum, kesadaran, dan prinsip-prinsip moral yang meliputi suasana psikologis dan karakter negara Indonesia. Kemandirian individu, kemandirian warga, kemanusiaan, keadilan sosial, dan cita-cita perdamaian rakyat. Filsafat politik tentang morfologi, tujuan, sifat negara. Dan cita-cita moral tentang kehidupan beragama dan masyarakat.

Pancashira sebagai pandangan hidup warga negara Indonesia

Pandangan Pancasila tentang kehidupan dan cara berpikir adalah untuk memimpin warga negara Indonesia dan menjadi Pancasila sebagai panduan untuk kehidupan sehari-hari.

Setiap filosofi moral dan bentuk budaya di negara ini harus berasal dari Pancasila yang merupakan unit tak terpisahkan yang bertujuan mencapai kesejahteraan internal dan eksternal.

5. Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan negara Indonesia

Seperti yang kita lihat, Pan Pacila jelas termasuk dalam pembukaan Konstitusi 1945, Pan Pacila adalah tujuan dan cita-cita negara Indonesia, cita-cita ini adalah tujuan negara, tercipta masyarakat yang adil dan makmur.

Sumber : https://laelitm.com/