Materi Manajemen Secara Lengkap

Materi Manajemen Secara Lengkap

Materi Manajemen Secara Lengkap
Materi Manajemen Secara Lengkap

Pegertian Managemen

Secara umum:
Managemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pegorganisasian, pengarahan, pengkordinasian, dan pengendalian, atas sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Menurut para ahli:
a. G.R.Terry : Managemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan lebih dulu dengan menggunakan kegiatan orang lain.
b. S.P.Hasibun : Managemen adalah ilmu seni mengatur proses pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumber-sumber lainya secara efektif untuk mencapai tujuan tertentu.
c. Prof. Dr. A. Sanusi, S.H. : Managemen adalah suatu sistem tingkah laku manusia yang komperatif yang dipimpin secara teratur melalui usaha yang terus menerus, yang merupakan tindakan operasionalnya.

Tingkat-Tingkat Managemen

1. Menurut Tingkatnya

  • Managemen tingkat atas
  • Managemen tingkat menengah
  • Managemen tingkat bawah

2. Menurut filsafat

  • Family Managemen ( adanya kedudukan pentinmg yang diberikan kepada seseorang karena masih ada hubungan persaudaraan atau hubungan darah.
  • Political Managemen (Adanya kedudukan penting yang diberikan kepada seseorang karena ada hubungan politik.
  • Profesional Managemen ( Adanya kedudukan penting, kepercayaan kepada seseorang karena keahlian, kecakapan, dan kejujuranya.

3. Menurut Sistem

  • Managemen Ilmiagh ( adanya penggunaan metode ilmiah untuk pemecaha masalah)
  • Managemen Teradisional ( Adalah dasar adat kebiasan yang telah ada dalam kehidupan sehari-hari )
  • Managemen dokumentasi ( adalah segala kebijakan yang dilandaskan oleh pimpinan, terlebih dahulu dimusyawarahkan dengan bawahanya )
  • Managemen Diktktor ( adalah segala tindakan yang dijalankan oleh atasan tanpa melalui musyawarah dengan bawahanya)
  • Managemen Libral ( adalah tugas-tugas pimpinan sepenusnya diserahkan kepada staf, pimpinan hanya sebagai simbol pengawas)
  • Managemen terbuka (adalah sistem kepemimpinan yang selalu terbuka, transparan kepad semua bawahan)
  • Managemen Tertutup ( adalah suatu sistem kepemimpinan yang selalu merahasiakan persoalan-persoalan yang brkaitan dengan kantor, atau dapat dikatakan kurang transparan, dan takmau mengadakan musyawarah dengan anak buah)

 

Prinsip-prinsip Managemen

Menurut Henry Fayol ada 14 perisip managemen, antaralain:
1. Adanya pembagian kerja
2. Adanya wewenang dan tanggung jawab
3. Adanya disiplin
4. Adanya kesatuan perintah
5. Adanya kesatuan arah
6. Kepemimpinan individu harus ada dibawak kepemimpinan umum
7. Pembayaran upah yang adi
8. Pemusatan
9. Rantai sekala, dimagsudkan bahwa rantai wewenang harus jelas
10. Tata tertib
11. Perinsip keadilan
12. Stabilitas pegawai
13. Inisiatif
14. Memiliki jiwa kesatuan

Fungsi Managemen

Pada dasarnya, Fungsi managemen meliputi:
1. Planing (Perencanaan)
Merupakan penentuan sasaran yang akan dicapai, Unsur-unsur planing adalah 5W+1 H yakni:

  1. What : apa yang menjadi tujuan
  2. Why : mengapa tujuan itu harus dicapai
  3. When : kapan tujuan itu akan dikerjakan
  4. Where : dimana lokasi kegiatan akan dilaksanakan
  5. Who : Siapa yang harus melaksanakan
  6. How : bagaimana cara melaksanakan

Manfaat perencanaan antara lain:

  1. Diperoleh tindakan yang terkondisi dari berbagai bagian dalam perusahaan karena adanya suatu tujuan.
  2. Berbagai situasi darurat dapat dihindari karena sudah diperkirakan sebelumnya.
  3. Pendeleglasian kekuasaan agar dapat bertindak lebih cepet.
  4. Perencanaan merupakan dasar atau pedoman untuk pengawasan dan sebagai alat pengukuran hasil kerja.

2. Organizing (Pengawasan)
Tujuan organisasi

  • a. mampermudah dalam pelaksanaan tugas
  • b. Mempermudah pimpinan dalam melakukan pengawasan
  • c. Dapat menentukan jumlah orang-orang yang dibutuhkan sesuai dengan keahlianya.
  • Manfaat organizing
  • a. Dapat menjalani hubungan baik antar anggota organisasi
  • b. Setiap anggota mengetahui dengan jelas tugas, kewajiban dan tanggungjawabnya.
  • c. Spesialisasi dalam melakukan tugas

Kegiatan Organizing meliputi:
a. Penentian sumberdaya dan kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.
b. perencanaan dan pengembangan suatu organisasi.
c. Penugasan tanggung jawab tertentu.
d. Pendelegasian wewenang.

Bentuk-bentuk Struktur Organisasi
d. Organisasi Garis
e. Organisasi Garis dan Staf
f. Organisasi Fungsional

3. Actualing (menggerakkan)
Ada beberapa usaha yang dilakukan pimpinan utuk menggerakkan orang lain antara lain:
a. Kekuatan berdasarkan paksaan.
b. Kekuatan untuk memberikan penghrgaan
c. Kekuatan karena keahlian
d. Kekuatan relevan ( kekuatan ini didasarkan atasa identifikasi yang sangat dihormati dan dipandang oleh pengikutnya)

4. Controling (pengawasan )
Adalah koreksi apakar pekerjaan yang dilaksanakan berlangsung dengan baik atau tidak, adapun caranya adalaha sebagai berikut:
a. Mengukur hasil pekerjaan
b. Membandingkan hasil pekerjaan dengan setandar dan memastikan perbedaan
c. Mengkoreksi penyimpangan yang tidak dikehendaki melalui tindakan perbaikan.
Pengawasan dapat dilakukan dengan 2 metode yakni:

  • 1. Pengawasan langsung ( adalah ppengawasan yang langsung dilaksanakan pemimpin ke tempat dilaksanakanya pekerjaan yang sedang dikerjakan)
  • 2. Pengawasa tidak langsung (adalah pengawasan yang dilakukan melalui laporan secara tertulis ataupun lisan)

 

Baca Artikel Lainnya: