KLASIFIKASI JARINGAN KOMPUTER BERDASARKAN TOPOLOGI JARINGAN

KLASIFIKASI JARINGAN KOMPUTER BERDASARKAN TOPOLOGI JARINGAN

KLASIFIKASI JARINGAN KOMPUTER BERDASARKAN TOPOLOGI JARINGAN

Topologi jaringan merupakan sebuah sistem berupa rangkaian komputer yang dirancang untuk saling berbagi sumber daya, saling berkomunikasi dan bisa saling mengakses informasi. Bentuk koneksinya bisa dihubungkan lewat kawat tembaga, optic fiberdan gelombang mikro maupun satelit komunikasi. Ada beberapa jenis rangkaian topologi jaringan, yaitu:

Topologi Ring yaitu

topologi jaringan yang digunakan untuk menyambungkan antar komputer dengan rangkaian melingkar seperti cincin. Contohnya Komputer rangkaian Komputer1- Komputer 2 – Komputer3 – Komputer4 – Komputer 1. Pada topologi jenis ring umumnya untuk bisa tersambung antar komputer hanya dipasang kartu LAN.

Topologi Bus yaitu topologi jaringan dimana setiap komputer pengguna disambungkan dengan kabel coaxial. Setiap komputer yang terhubung ke kabel coaxial menggunakan konektor baik berupa Terminator, TNBC maupun BNC. Topologi jaringan ini sangat mudah digunakan dan lebih sederhana.

Topologi Star yaitu topologi jaringan yang setiap komputer klien akan terhubung ke hub atau switch dan membentuk pola bintang. Dengan semua komputer terhubung ke switch maka ketika ada salah satu komputer yang bermasalah, koneksi jaringan kan tetap optimal namun jika hub atau switch yang bermasalah maka seluruh komputer klien pun akan ikut mengalami masalah.

Topologi Mesh yaitu topologi jaringan dimana setiap komputer terhubung satu sama lain tanpa menggunakan hub atau switch.

Topologi Tree yaitu jaringan topologi hasil perpaduan topologi star dan topologi bus dimana terdapat core layer, distribution layer dan access layer.

Topologi peer to peer yaitu topologi jaringan dimana hanya menggunkana dua komputer  yang terhubung melalui kabel untuk saling mengirim dan menerima data.

Topologi Linier yaitu topologi jaringan dimana beberapa komputer disambungkan melalui satu kabel utama untuk terhubung ke setiap komputer.

Topologi Hybrid yaitu topologi jaringan yang merupakan perpaduan dari beberapa topologi yang berbeda untuk membuat rangkaian jaringan baru.


Baca Juga :