KLASIFIKASI JARINGAN KOMPUTER BERDASARKAN GEOGRAFIS

KLASIFIKASI JARINGAN KOMPUTER BERDASARKAN GEOGRAFIS

KLASIFIKASI JARINGAN KOMPUTER BERDASARKAN GEOGRAFIS

Berdasarkan geografisnya maksudnya adalah ruang lingkup dari jaringan komputer. Jaringan komputer dibedakan menjadi

1. JARINGAN WILAYAH LOKAL ATAU LOCAL AREA NETWORK (LAN)

Jaringan ini merupakan jaringan komputer yang dimiliki secara pribadi. Jaringan ini umumnya digunakan untuk cakupan sebuah gedung atau yang berjarak hingga 1-10 kilometer.  LAN banyak digunakan dalam menyambungkan beberapa  personal computer (PC) dan workstation (stasiun kerja) pada satu kantor maupun pabrik untuk menggunakan sumber daya secara bersama dan saling bertukar data, misalnya untuk berbagi sambungan ke printer dan scanner dari beberapa komputer ataupun berbagi jaringan internet.

2. JARINGAN WILAYAH METROPOLITAN ATAUMETROPOLITAN AREA NETWORK (MAN)

Jaringan ini adalah perluasan dari jaringan wilayah lokal (LAN) yang dapat mencakup hingga satu kota yang terdiri dari puluhan bangunan dengan radius bisa mencapai hingga 10-50 km. Pada jaringan ini digunakan kabel transmisi berupa kabel serat optik.

3. JARINGAN WILAYAH LUAS ATAU WIDE AREA NETWORK (WAN)

Jaringan ini merupakan jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan yang lain antar kota ataupun kabupaten , antar provinsi, antar provinsi, antar negara hingga antar benua.

Contohnya adalah jaringan yang menghubungkan antar kantor pemerintahan provinsi di seluruh Indonesia atau jaringan yang menghubungkan antar pertukaran data bank Internasional yang berada di berbagai negara di 5 benua. Dalam pengiriman datanya jaringan ini menggunakan satelit sebagai transmisi utama, namun beberapa jaringan WAN yang tidak terlalu luas jangkauannya seperti antar kota masih mengandalkan sambungan serat optik.


Sumber: https://www.rajanego.co.id/heroes-of-destiny-apk/