KLASIFIKASI JARINGAN KOMPUTER BERDASARKAN FUNGSINYA

KLASIFIKASI JARINGAN KOMPUTER BERDASARKAN FUNGSINYA

KLASIFIKASI JARINGAN KOMPUTER BERDASARKAN FUNGSINYA

1. JARINGAN KLIEN-SERVER ATAU CLIENT-SERVER

Pada konsep jaringan ini terdapat satu komputer yang dijadikan peladen atau pusat jaringan (server) dan komputer lainnya sebagai klien (client). Segala macam permintaan layanan jaringan dari komputer yang berperan sebagai klien harus melalui komputer server terlebih dahulu kemudian komputer server inilah yang akan mengorganisir pelayanannya.

Jika komunikasi permintaan pelayanan terlalu banyak atau sibuk, bukan hanya satu komputer yang bisa   berfungsi sebagai server namun bisa ditambahkan beberapa komputer lagi. Tugas dari server ini kemudian akan dibagi-bagi ke setiap komputer server seperti file-server, print-server, database-server, dan lain-lain.

Komputer yang dijadikan sebagai server tentu saja harus memiliki spesifikasi yang lebih baik dari komputer klien nya. Spesifikasi yang dituntut baik meliputi kapasitas memori, kapasitas penyimpanan harddisk, kecepatan prosesor.

2. JARINGAN UJUNG KE UJUNG (PEER TO PEER)

Jaringan ini ditujukan dengan komputer yang saling mendukung jaringan. Dalam jaringan ini setiap komputer bisa menggunakan sumber daya dari komputer yang lain, namun juga sebaliknya komputer pengguna harus siap untuk menerima permintaan layanan dari komputer lainnya yang terhubung. Umumnya jaringan seperti ini hanya bisa digunakan dengan maksimal pengguna 25 komputer dikarenakan tidak ada komputer khusus yang mengorganisir permintaan layanan sehingga ketika permintaan layanan banyak bisa menjadi macet.


Sumber: https://www.r9racinggeneration.co.id/transport-tycoon-apk/