Kisah Dua Katak

Kisah Dua Katak

Suatu hari, hiduplah dua katak yang tinggal di sebuah desa. Mereka ingin pergi ke kota besar yang jaraknya sangat jauh.

Mereka telah membicarakan keinginannya ini dari dulu. Dan akhirnya mereka berangkat untuk melihat kota.

Hari itu adalah hari yang sangat panas. Dalam perjalanan mereka menjadi cepat merasa lelah. Mereka baru berjalan sebentar dan bertanya ke yang lainnya, “Harusnya sudah dekat, bisakah kamu melihat kotanya?”

“Tidak,” kata katak yang satunya. “Tetapi, kalau aku naik ke punggungmu, mungkin aku bisa melihatnya.”

Lalu, dia naik ke punggung katak satunya untuk melihat kota. Saat mengangkat kepalanya, matanya hanya bisa melihat sesuatu yang ada di belakangnya, bukan apa yang ada di depannya. Jadi, ia hanya bisa melihat desa yang baru saja ditinggalkan.

“Bisakah kamu melihat kotanya?” Tanya katak yang ada di bawah.

“Ya,” jawab katak yang menaiki punggungnya. “Aku bisa melihatnya. Kelihatan persis seperti desa kita.”

Kemudian katak-katak itu berpikir kalau tidak ada gunanya untuk melangkah lebih jauh. Mereka kembali dan memberi tahu katak di sekitar desa tersebut bahwa mereka telah melihat kota dan itu terlihat seperti desa mereka.

Pesan yang terdapat dalam cerita dongeng anak lucu di atas ini adalah untuk jangan mudah menyerah kalau sudah terlanjur memulainya. Biar nggak kaya dua katak ini, udah terlanjur melakukan perjalanan, tapi malah menyerah begitu saja.

Hal tersebut juga dikarenakan mereka hanya melihat sesuatu dari satu sudut pandang saja. Coba kalau dua hewan ini saling bergantian melihat, pasti nggak akan seperti ini jadinya.

Baca Juga :