Keterampilan Manajer Menurut Robert L. Katz

Keterampilan Manajer Menurut Robert L. Katz

Keterampilan Manajer Menurut Robert L. Katz

Robert L. Katz pada tahun 1970-an berpendapat bahwa manajer memerlukan paling tidak 3 keterampilan dasar. 3 keterampilan dasar yang dimaksud tersebut antara lain :

  1. Keterampilan konseptual

    Manajer puncak harus mempunyai keterampilan dalam membuat gagasan, konsep, dan ide untuk kemajuan organisasi. Gagasan atau konsep tersebut lalu dijabarkan menjadi rencana kegiatan guna merealisasikan gagasan, ide, atau konsep tersebut. Proses penjabaran ide tersebut pada umumnya dapat disebut sebagai proses perencanaan. Oleh sebab itu, keterampilan konsepsional adalah keterampilan guna membuat rencana kerja.

  2. Keterampilan dalam berkomunikasi dengan orang lain

    Seorang manajer juga harus mempunyai keterampilan dalam berkomunikasi atau dapat disebut sebagai keterampilan kemanusiaan. Adanya komunikasi persuasif harus diciptakan oleh seorang manajer terhadap bawahannya. Dengan adanya komunikasi yang persuasif dan bersahabat dapat membuat para karyawan lebih merasa dihargai serta mereka dapat bersikap lebih terbuka kepada pimpinan. Keterampilan dalam berkomunikasi sangatlah diperlukan.

  3. Keterampilan teknis

    Keterampilan teknik biasanya adalah bekal untuk para manajer yang ada di tingkat lebih rendah. Keterampilan ini adalah kemampuan dalam menjalankan pekerjaan tertentu, seperti memakai program komputer, akuntansi, memperbaiki mesin, dan lain sebagainya.


Sumber:

https://www.sekolahbahasainggris.co.id/