Keterampilan Manajer Menurut Ricky W. Griffin

Keterampilan Manajer Menurut Ricky W. Griffin

Keterampilan Manajer Menurut Ricky W. Griffin

Selain 3 keterampilan dasar di atas, Ricky W. Griffin kemudian menambahkan 2 keterampilan dasar yang harus dipunyai oleh seorang manajer, antara lain :

  1. Keterampilan manajemen waktu

    Keterampilan ini lebih menitikberatkan pada kemampuan manajer dalam memakai menggunakan waktu yang dimiliki dengan bijaksana. Ricky W. Griffin memberi contoh pada kasus Lew Frankfort dari Coach. Tahun 2004, sebagai seorang manajer, Lew Frankfort memiliki gaji sebesar $2.000.000 per tahun. Apabila diasumsikan bahwa jika dia bekerja sekitar 50 jam dalam 1 minggu dengan memiliki cuti 2 minggu, maka gaji dari Lew Frankfort untuk 1 jamnya adalah $800 atau sekitar $13 per menit.
    Oleh sebab itu dari kasus Lew Frankfort bahwa setiap menit yang terbuang dapat merugikan perusahaan tersebut. Kebanyakan manajer pada umumnya mendapatkan gaji yang tidak sebesar Lew Frankfort. Namun, waktu seorang manajer sangatlah berharga dan menyianyiakan waktu berarti membuang uang serta mengurangi produktivitas dari perusahaan.

  2. Keterampilan membuat keputusan

    Keterampilan ini untuk mendefinisikan masalah serta menentukan dengan cara terbaik dalam memecahkannya. Keterampilan dalam membuat keputusan sangatlah penting bagi manajer, khususnya untuk kelompok manajer puncak. Ricky W. Griffin mengajukan 3 langkah dalam membuat keputusan.

      1. 1) Manajer harus dapat menjelaskan masalah serta mencari alternatif-alternatif yang diambil untuk menyelesaikan masalah tersebut.
      1. 2) Manajer harus dapat mengevaluasi tiap alternatif-alternatif yang ada serta memilih alternatif yang dianggap paling baik dibanding yang lain.
      3) Manajer harus dapat mengimplementasikan alternatif yang sebelumnya sudah ia pilih dan mengevaluasi serta mengawasi supaya tetap ada di jalur yang benar.

Baca Artikel Lainnya: