Kehadiran Generasi Milenial

Kehadiran Generasi Milenial

Kehadiran Generasi Milenial
Kehadiran Generasi Milenial

Sosiologi industri secara sederhana terdiri dari dua istilah. Pertama sosiaologi dan yang kedua adalah industri. Masing-masing memiliki arti berbeda, dimana sosiologi adalah ilmu yang berkenaan dengan kehidupan  bermasyarakat. Dengan kata lain, ilmu yang mempelajari tentang kehidupan manusia dalam masyarakat. orang sering menyebut ilmu masyarakat (Warsito, 2016). Sementar aitu yang dinamakan sebagai industri merupakan kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi, dan atau barang jadi menjadi barang dengan nilai yang lebih tinggi untuk penggunaannya (Undang-Undang Nomor 3 tahun 2014 tentang Perindustrian). Bersamaan dengan itu, Hasibuan (2000) mberikan pengertian bahwa industri juga dapat dikatakan sebagai kumpulan dari perusahaan-perusahaan yang menghasilkan barang-barang homogen, atau barang-barang yang mempunyai sifat saling mengganti dengan erat (Herianto, 2018).

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat di katakan bahwa yang dinamakan sebagai sosiologi industri adalah suatu cabang ilmu sosial yang membahas karakter dan arti dunia kerja serta kehidupan manusia yang terlibat di dalamnya. Permasalahan yang berhubungan dengan industri tidak hanya segala sesuatu yang berhubungan langsung dengan kegiatan kerjanya tapi juga banyak hal lain yang secara tidak langsung akan mempengaruhi aktivitas kerja dalam industri tersebut (Warsito, 2016). Sosiologi Industri dalam hal ini tumbuh menjadi sebuah subdisiplin tersendiri yang secara sangat khusus memusatkan perhatian analisisnya pada persoalan-persoalan sosial yang muncul di dalam ranah pekerjaan dan sosial yang lebih luas yang terkait dengan kegiatan produksi dari industri (Nugroho, ‎2008).

Belakangan, sosiologi industri menjadi fenomena yang tengah terjadi selama beberapa dekade terakhir. Pasalnya, perkembangan industri telah mendominai seluruh aktivitas manusia. Dalam hal ini, masa industri merupakan masa yang dapat dikatakan masa peradaban terbaik masyarakat hingga kini. Masyarakat sudah mampu mengenal alat-alat industri, menghasilkan produk-produk dengan efisiensi biaya dan efektivitas waktu, serta terlibat dalam proses terjadinya interaksi sosial yang bersifat industrial dan ekonomi. Seperti yang telah dikutahui, peradaban industri telah terjadi begitu lama,dn telah melalui 4 (empat) tahap utama ang dinamakan sebagai Revolusi Industri. Revolusi industri merupakan suatu perubahan besar yang cepat dan radikal yang mempengaruhi corak kehidupan manusia.Sumber : http://www.pearltrees.com/danuaji88/item298620778