Kebutuhan Data Dasar

Kebutuhan Data Dasar

Kebutuhan Data Dasar
Kebutuhan Data Dasar

Setelah data tersebut dikumpulkan dan diinventarisasi, maka selanjutnya adalah membuat suatu peta yang memberikan informasi menyangkut keberadaan peta yang telah ada / telah diadakan.

Kebutuhan Peralatan untuk GIS

Pengembangan GIS untuk mendukung pengelolaan sumber daya air memerlukan perangkat utama dan perangkat pendukung. Perangkat utama adalah perangkat yang keberadaannya harus ada. Sementara perangkat pendukung bisa memungkinkan diadakan atau tidak, tergantung dari keberadaan data atau peralatan lain yang dapat menggantikan peranan tersebut.

A. Peralatan Utama

Peralatan utama yang diperlukan dalam rangka membangun suatu sistem informasi geografis (GIS) adalah sebagai berikut :

1) Komputer

Komputer merupakan jantung bagi pengelolaan GIS. Hal ini dikarenakan disiplin ilmu GIS berkembang dikarenakan adanya penemuan komputer yang mana memungkinkan pekerjaan yang sifatnya rutin dan berulang serta mempunyai algoritma tertentu dapat dilakukan secara cepat dan tepat. Sebaliknya hampir mustahil dapat dilakukan bila hal tersebut dikerjakan secara manual.
Peralatan komputer yang diperlukan juga harus mempunyai spesifikasi yang memenuhi persyaratan tertentu, tidak sembarang komputer dapat digunakan, bilamana dipaksakan akan menyebabkan proses yang lama bahkan dapat menyebabkan frustasi bagi operatornya karena spesifikasinya tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan.
Syarat-syarat tersebut meliputi jenis prosesor, memory, tipe monitor, memory display, kapasitas hard disk, dan peripheralnya.

a) Prosesor

b) Memory (RAM)

c) Monitor Display

d) Memory Display Monitor (VGA Card dan Memory)

e) Hard Disk

f) Peripheral

2) Printer

Printer sebagai perangkat untuk mencetak hasil proses GIS dimana tidak cukup hanya ditampilkan saja di monitor. Printer yang diperlukan untuk keperluan ini juga mempunyai syarat tertentu. Printer dot matrix disarankan tidak digunakan untuk mencetak hasil proses GIS. Hal ini dikarenakan kualitas cetakannya kurang bagus juga tidak dimungkinkan untuk mencetak secara berwarna (color). Printer yang disarankan adalah printer color minimal kelas inkjet dengan resolusi minimal 300 dpi sehingga hasil cetakannya dapat mendekati seperti pada tampilan di monitor.

3) GPS (Global Positioning System)

GPS sebagai perangkat untuk mendapatkan posisi koordinat suatu obyek yang ada di permukaan bumi sangat diperlukan di dalam GIS. Perangkat ini diperlukan khususnya untuk menampilkan obyek yang tidak ada di dalam peta baik peta topografi seperti lokasi bendung, stasiun hidrologi, mata air atau obyek lainnya. GPS yang digunakan adalah yang bertipe handheld untuk keperluan navigasi, bukan yang bertipe differential seperti yang digunakan untuk keperluan geodesi (pembuatan kerangka kontrol, BM, dan titik ikat).

Sumber : https://synthesisters.com/nostalgia-nes-pro-apk/