Hasil dan Pembahasan

Hasil dan Pembahasan

Hasil dan Pembahasan
Hasil dan Pembahasan

Fenomena Kemenangan Kanan Radikal Populis di Eropa

Nasionalisme sebenarnya memang sudah lama menjadi fitur di seluruh spektrum politik Eropa, tetapi ada peningkatan yang pesat baru-baru ini dalam dukungan pemilih untuk partai sayap kanan dan populis (BBC, 2019).

Gambar 1. Kemenangan nasionalis di berbagai negara Eropa

Kesimpulan

Nasionalisme sebenarnya memang sudah lama menjadi fitur di seluruh spektrum politik Eropa, tetapi ada peningkatan yang pesat baru-baru ini dalam dukungan pemilih untuk partai sayap kanan dan populis. Seiring dengan penguatan nasionalisme sayap kanan tersebut, dalam beberapa tahun terakhir, partai-partai radikal radikal populis telah tumbuh kuat di banyak negara Eropa, termasuk Perancis, Jerman, Austria, Belanda, Denmark, Finlandia, Polandia, dan Hongaria. Kenaikan tajam partai-partai kanan radikal mencerminkan kritik publik yang luas terhadap tren global seperti imigrasi, multikulturalisme, dan konsentrasi kekuatan politik di tangan Uni Eropa dan lembaga-lembaganya.

Dalam tulisan ini diidentifikasi dua faktor utama yang mempengaruhi peningkatan popularitas partai sayap kanan radikal tersebut, yaitu nasionalisme dan peningkatan tingkat imigran. Dalam nasionalisme seperti terdapat polarisasi antara “kita” dan “mereka” dalam dimensi vertikal dan horizontal. Dalam dimensi vertikal, konstitutif dari populisme, oposisi adalah antara “rakyat” dan “elit”. Dalam dimensi horizontal, dilakukan pemisahan antara orang dalam dan orang luar, dalam lingkup ini termasuk “orang luar internal”, yaitu orang yang sebenarnya hidup di tengah-tengah kita yang tidak dianggap sebagai orang-orang sebangsa. Di sisi lain, di banyak negara Eropa, termasuk Jerman, Swiss, dan Prancis, persentase imigran dalam populasi meningkat lebih dari tiga kali lipat dalam 50 tahun terakhir. Menanggapi hal ini partai-partai sayap kanan berupaya menimbulkan kekhawatiran tentang imigran misalnya dengan menghubungkan imigran dengan kegiatan kriminal, pengangguran, kesulitan sosial dan terorisme.

Sumber : http://fenilu95.blog.unjaniyogya.ac.id/blocklauncher-pro-apk/