Gagal SBMPTN, Masih Ada Jalur Lain Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Gagal SBMPTN, Masih Ada Jalur Lain Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Nilai Ujian Sekolah Dasar untuk Daftar SMP
Nilai Ujian Sekolah Dasar untuk Daftar SMP

Pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 di Provinsi Riau diikuti oleh 20.000 calon mahasiswa baru. Pelaksanaannya berlangsung di sejumlah sekolah dan kampung perguruan tinggi.

Untk Panitia lokal SBMPTN 2017 Riau dari UIN Suska Riau menyatakan, untuk ujian Pilihan A yang diikuti sekitar 6.860 calon mahasiswa selesai pada Selasa (16/5). Sedangkan untuk jurusan yang membutukan ujian keterampilan akan dilakukan seleksinya pada hari ini, Rabu (17/5) hingga Kamis (18/5).

Jalur SBMPTN ini sendiri merupakan jalur penerimaan serentak nasional kedua yang dilakukan setelah SNMPTN 2017 yang telah diumumkan. Rektor UIN Suska Riau Munzir Hitami menyebutkan, khusus untuk UIN pada tahun ini ada empat jalur penerimaan nasional. Dua sudah diumumkan yaitu SNMPTN dan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN).

Sementara SBMPTN yang merupakan jalur yang ketiga pada tahun ini akan diumumkan pada bulan depan. “Tidak ada kabar perubahan jadwal SBMPTN dari panitia pusat. Berarti pengunguman hasil SBMPTN 2017 tetap ada tanggal awal penetapan, tanggal 13 Juni 2017 yang diumumkan secara nasional,” sebut Munzir Hitami seperti dilansir Riau Pos (Jawa Pos Group), Rabu (17/5).

“Untuk nasional, penerimaan dari Kementerian Agama (Kemenag)

masih ada satu jalur lagi. Nanti terakhir juga masih ada jalur mandiri dan ujian tulis dengan kuota 30 persen terakhir,” terang rektor.

Untuk penerimaan jalur nasional Kemenag tersebut di UIN Suska Riau adalah jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Namun pendaftaran penerimaan jalur UM-PTKIN sudah ditutup per tanggal 10 Mei lalu dan hanya menunggu jadwal tes saja. Ujian sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2017 dan hasilnya diumumkan pada tanggal 19 Juni 2017.

Sementara pelaksanaan SBMPTN yang dilaksanakan di Universitas Riau (Unri) Panam, UR Gobah berlansung lancar. Di tahun ini tes seleksi dibagi menjadi dua, yakni manual dan juga Computer Based Test (CBT).

Lokasi CBT pun menyesuaikan, yakni di lokasi-lokasi yang memiliki unit komputer

yang cukup dan layak. Seperti di fakultas kedokteran UR, fekon UR, FMIPA UR, UPT TIK UR dan laboratorium UIN Susqa. “Kita diberi target untuk ujian CBT sejumlah 600 orang. Namun mengingat unit komputer terbatas, kita mampu menyediakan 520 unit saja. Peserta sendiri sebelumnya bisa memilih mau ujian CBT atau manual,” ujar koordinator pelaksana ujian, Abdullah.

Lebih lanjut ia merincikan bahwa jumlah 19.872 peserta itu terbagi dalam tiga kelompok. Yakni kelompok Sains dan Teknologi 6.983 peserta, Soshum 7.939 peserta dan campuran sebanyak 4.950 peserta.

Mereka tes bukan hanya untuk masuk universitas negeri lokal saja. Namun juga Perguruan Tinggi Negeri

lainnya yang menyebar seluruh Indonesia.

Disambung oleh Koordinator Pendaftaran dan TIK, diperkirakan jurusan yang paling banyak diincar ialah kedokteran, keperawatan dan teknik sipil. Pihak Unri sendiri melalui Wakil Rektor Bidang Akademik, Thamrin, mengatakan, kuota akan disesuaikan dengan jumlah dosen.

Dia berharap, nantinya mahasiswa yang lulus SBMPTN khususnya di Unri bisa memgikuti proses belajar dengan baik. Pihaknya juga sudah melakukan berbagai persiapan ubtuk menyambut mahasiwa baru nantinya. Sedangkan terkait pengumuman SBNMPTN, direncanakan akan diumumkan secara online pada 13 Juni mendatang

 

Baca Juga :