Focus Akuntansi Dan Keuangan

Focus Akuntansi Dan Keuangan

Focus Akuntansi Dan Keuangan
Focus Akuntansi Dan Keuangan

Dalam akuntansi kita lebih focus pada tugas pokok akuntansi yaitu mencatat, mengolah dan membuat laporan keuangan. Penekanan lebih mengarah pada pengawasan asset perusahaan dan laba bersih yang yang dihasilkan perusahaan. Aktivitas akuntansi didasarkan pada dokumen dasar sebagai sumber pencatatan. Manager akuntansi hanya akan berbicara mengenai hasil yang dicapai oleh bagian lain dalam perusahaan berdasarkan bukti transaksi. Tetapi bila kita berbicara keuangan, maka focus kita akan bergeser pada masalah arus kas (cashflow).
Pada perusahaan kecil dan menengah fungsi keuangan biasanya dipegang oleh pimpinan puncak. Fungsi akuntansi terlihat lebih dominan dalam pengendalian perusahaan namun setelah perusahaan berkembang menjadi perusahaan besar maka fungsi keuangan berubah menjadi yang lebih dominan sehingga dipegang oleh manajer kuangan  atau pada level yang lebih tinggi yaitu direktur keuangan. Selain itu tujuan utama manajer keuangan adalah meningkatkan kesejahteraan pemegang saham yang terlihat pada kebijakan keuangan yang dijalankan oleh manajer keuangan dalam mengelola sumber sumber keuangan.
Dalam aktivitas keuangan fungsi akuntansi memberikan informasi keuangan yang dihasilkan dalam proses akuntansi, dalam hal ini manajer akuntansi bertanggungjawab kepada manajer keuangan dalam memberikan informasi keuangan. Dan hasil yang dicapai oleh manajer keuangan adalah peningkatan kemampuan perusahaan dalam pembiayaan. Baiasanya dicerminkan oleh peningkatan nilai saham perusahaan. Nilai saham juga tergantung pada aliran arus kas yang akan diterima investor dimasa yang akan datang.
Bagaimana investor dapat memperkirakan arus kas yang akan datang dan bagaimana manajer keuangan membuat keputusan untuk meningkatkan arus kas? Hal ini menjadi focus dalam pembahasan manajemen keuangan yang berhubungan dengan pembahasan tentang konsep-konsep yang barhubungan dengan arus kas.
Nilai suatu asset apakah itu financial asset, seperti saham dan obligasi, ataupun real asset, misalnya bangunan, mesin ditentukan oleh arus kas yang dihasilkan, dalam hal ini arus kas sesudah pajak. Bagaimana perbedaan antara accounting income dengan cashflow.?..

Sumber : https://blogs.uajy.ac.id/teknopendidikan/ride-out-heroes-apk/