Contoh Hewan Omnivora

Contoh Hewan Omnivora

Contoh Hewan Omnivora

Gorilla

Gorila merupakan jenis primata terbesar yang ada di dunia.Makanan gorila bersumber dari sayur-sayuran, meskipun kadang juga memakan serangga.Sebab itulah gorila dapat digolongkan sebagai hewan omnivora.Gorila sendiri berasal dari hutan tropis di Afrika.


DNA gorila sangatlah identik dengan DNA manusia, yaitu dengan tingkat kemiripan sebesar 97-98%.Gorila adalah spesies kedua yang DNA-nya paling dekat dengan manusia setelah simpanse.Ada dua spesies dalam genus gorila, yaitu gorila barat (western gorila) dan gorila timur (eastern gorila).


Monyet

Monyet adalah salah satu hewan omnivora karena sumber makanannya berasal dari hewan dan tumbuhan.Makanan monyet adalah biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan, hewan-hewan kecil dan serangga.


Monyet merupakan suatu istilah yang digunakan untuk semua anggota primata yang bukan prosimia (“pra-kera”, seperti lemur dan tarsius) atau kera, baik itu yang tinggal di Dunia Lama atau Dunia Baru.Sampai saat ini telah dikenal sebanyak 264 jenis monyet yang hidup di dunia.


Berbeda dengan kera, monyet umumnya berekor dan berukuran lebih kecil.Diantara kelebihan monyet adalah dapat mempelajari dan menggunakan alat untuk memudahkannya dalam mendapatkan makanan.


Pengelompokan monyet ini bersifat parafiletik, sebab monyet Dunia Lama kekerabatan genetiknya sebenarnya lebih dekat dengan kera (Hominidae), daripada monyet Dunia Baru. Beberapa monyet dalam istilah sehari-hari juga biasa disebut sebagai kera.


Simpanse

Simpanse termasuk dalam hewan omnivora karena sumber makanannya berasal dari hewan dan tumbuhan. Sebagian besar makanan simpanse terdiri dari biji-bijian, buah-buahan, dan bunga yang dipetik dari pohon.


Selain itu, Simpanse juga menkonsumsi serangga seperti semut dan rayap yang mereka ambil dari sarangnya dengan menggunakan tongkat.


Simpanse adalah salah satu anggota dari keluarga Hominidae bersama dengan gorila, dan orangutan.Simpanse adalah satu-satunya anggota yang diketahui dari sub-suku Panina. Kedua spesies Pan itu terpisah sekitar 1 juta tahun lalu.


Simpanse hidup dalam kelompok sosial besar multi-jantan dan multi-betina yang disebut dengan komunitas. Dalam suatu komunitas terdapat sebuah hierarki sosial yang nampak jelas dari satu individu ke individu lain yang mempengaruhi dan menekan lainnya.


Oleh sebab itulah kehidupan sosial simpanse dalam hierarki terlihat lebih ramping di mana satu individu atau lebih bisa lebih mendominasi anggota lainnya dari tingkat yang lebih rendah.


Orang Utan

Orangutan adalah salah satu contoh hewan omnivora dari jenis kera besar yang memiliki lengan panjang dan berbulu merah kecoklatan.


Orangutan hidup di hutan tropika seperti yang ada di Indonesia dan Malaysia, lebih khusus lagi di pulau Kalimantan dan Sumatera.


Meskipun orangutan termasuk dalam golongan hewan omnivora, namun sebagian besar dari mereka hanyalah memakan tumbuh-tumbuhan.


Makanan Orangutan antara lain adalah kulit pohon, bunga, dedaunan, beberapa jenis serangga, dan sekitar 300 jenis buah-buahan.


Selain itu Orangutan juga memakan madu, nektar, dan jamur. Mereka juga sangat gemar memakan durian, meskipunpun aroma dari durian itu tajam, namun mereka tetap menyukainya.


Orangutan tidak perlu meninggalkan pohonnya jika ingin minum.Mereka biasanya meminum dari air yang telah terkumpul di lubang-lubang cabang pepohonan.


Beruang

Beruang adalah hewan omnivora yang memakan apa saja di hutan. Beruang memakan bermacam-macam jenis buah dan tanaman hutan hujan tropis, termasuk juga memakan tunas tanaman jenis palem. Selain itu mereka juga memakan madu, serangga, burung, dan binatang kecil lainnya.


Salah satu Beruang khas Indonesia adalah Beruang madu yang termasuk dalam familia Ursidae dan juga merupakan jenis Beruang paling kecil yang ada di dunia. Beruang Madu ini adalah fauna khas dari provinsi Bengkulu dan dipakai sebagai simbol dari provinsi tersebut.


Selain itu Beruang madu juga dipakai sebagai maskot dari kota Balikpapan. Di Balikpapan beruang madu dikonservasi dalam sebuah hutan lindung yang bernama Hutan Lindung Sungai Wain.


Sumber: https://apotekpurwosarifarma.co.id/traffic-racer-planet-apk/