Contoh Hewan Karnivora

Contoh Hewan Karnivora

Contoh Hewan Karnivora

1. Serigala

Serigala (Canis lupus) adalah hewan yang yang termasuk keluarga canidae (anjing) dengan kebiasaan melolongnya yang sangat mengerikan di tengah malam.  Hewan ini memburu beragam jenis animalia, terutama dari bangsa aves dan pengerat. Manusia juga bisa menjadi target buruannya jika persediaan makanannya sudah sangat terbatas. Giginya yang tajam dan cakarnya yang runcing merupakan senjata utamanya dalam melumpuhkan mangsa.


2. Beruang

Beruang adalah binatang buas yang memiliki bulu tebal dengan moncongnya yang panjang. Jika dilihat dari segi fisik, beruang memiliki indera penciuman dan indera penglihatan yang ulung, memiliki telinga yang bulat, ekornya yang kecil, bulunya yang panjang, lebat dan juga kasar, cakar mereka lebar.Cakar-cakar inilah yang akan digunakan beruang untuk menyobek, menggali dan menangkap.


Beruang ini salah satu hewan yang cukup unik, karena dirinya hibernasi. Hibernasi ini adalah kondisi ketidak aktifan serta penurunan metabolisme pada binatang yang ditandai dengan suhu tubuh menjadi rendah, pernapasan secara perlahan hingga kecepatan metabolisme juga menjadi rendah.


Masa hibernasi pada beruang ini sendiri bisa terjadi selama beberapa hari atau selama beberapa minggu, tergantung dari spesies beruang, suhu yang ada di sekitar serta waktu.


3. Burung Elang

Burung elang ini dalam bahasa Inggris dinamakan dengan nama eagle, yang merujuk pada burung pemangsa berukuran besar.


Ciri-ciri dari burung elang ini adalah salah satu binatang berdarah panas, dan tubuhnya diselubungi dengan menggunakan bulu pelepah.


Untuk perkembangbiakannya itu sendiri, burung elang berkembangbiak dengan cara bertelur alias ovipar, di mana pada telur tersebut cangkangnya keras di dalam sarang yang telah ia buat.

Makanan utama dari hewan ini seperti contohnya ayam, ikan, kadal, tikus, tupai danjenis-jenis serangga tergantung dari ukuran tubuh mereka.


Paruh elang ini tidak bergigi, namun melengkung serta kuat sekali untuk bisa mengoyak daging mangsanya. Tak hanya paruhnya saja, sepasang kaki dan kukunya juga kuat dan tajam serta melengkung untuk mencengkeram mangsanya. Bahkan, penglihatan burung elang sangat tajam untuk memburu mangsa dari jarak yang amat jauh.


4. Buaya

Nama hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang ke-13 adalah Buaya. Hewan Buaya merupakan salah satu hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang termasuk ke dalam anggota hewan reptile. Secara umum, hewan pemakan daging ini juga termasuk ke dalam hewan vertebrata atau hewan bertulang belakang dan berkembang biak secara ovovivipar.


Untuk persebarannya, hewan karnivora atau hewan pemakan daging biasanya banyak dijumpai di perairan tawar, seperti di sungai, rawa dan lahan basah lainnya. Meskipun demikian, ada pula beberapa jenis buaya yang hidup di perairan air payau atau danau.


5. Ikan Hiu

Nama hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang ke-14 adalah Ikan Hiu. Hewan Ikan Hiu merupakan salah satu hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang termasuk ke dalam kelompok superordo Selachimorpha, yaitu ikan dengan kerangka tulang rawan yang lengkap.


Secara umum, hewan karnivora atau hewan pemakan daging ini bernafas dengan mengunakan 5-7 liang insang tergantung dari spesiesnya. Selain itu, hiu juga dilapisi oleh kulit demal denticles yang berfungsi untuk melindungi tubuhnya dari kerusakan dan juga untuk menambah dinamika air.


6. Harimau

Nama hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang ke-2 adalah Harimau. Hewan Harimau merupakan salah satu hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang termasuk ke dalam hewan mamalia bertulang belakang dan berdarah panas. Secara umum, hewan pemakan daging ini juga termasuk ke dalam felidae atau jenis kucing besar, bahkan ukurannya paling besar diantara jenis kucing lainnya, seperti singa, citah, dan lain sebagainya.


Tidak hanya itu saja, hewan karnivora atau hewan pemakan daging ini juga termasuk ke dalam kucing tercepat setelah saudaranya yaitu citah. Dalam berburu, hewan harimau cenderung mencari mangsa yang ukurannya agak besar, seperti babi, zebra, domba, kijang, rusa, dan hewan mamalia lainnya. Namun jika hewan-hewan tesebut tidak ditemukan, biasanya harimau cenderung mencari hewan yang ukurannya lebih kecil, seperti landak, dan lain sebagainya.


Baca Juga :