Cara Mudah Memperbaiki Cartridge Printer Canon Tidak Terdeteksi

Cara Mudah Memperbaiki Cartridge Printer Canon Tidak Terdeteksi

Cara Mudah Memperbaiki Cartridge Printer Canon Tidak Terdeteksi
Cara Mudah Memperbaiki Cartridge Printer Canon Tidak Terdeteksi

Memang masalah yang sering terjadi pada sebuah printer yaitu didalam cartridge. Masalah tersebut merupakan salah satu kendala yang banyak ditemukan  oleh para pengguna printer. Terlebih lagi pada Printer Canon,  yang kadang kala Cartridge tidak terdeteksi sama sekali, dan ironisnya lagi ada beberapa kasus yang pernah saya temui dimana cartridge yang memang masih baru di beli, namun tidak terdeteksi.  Semua itu merupakan masalah terhadap Cartridge tidak terdeteksi, bukan berarti bahwa cartridge tersebut mengalami kerusakan, harus dibuang atau menggantinya dengan cartridge yang baru.  Apabila anda menemukan masalah  seperti yang ada di atas, silahan simak ulasan berikut ini :

Apabila berbicara mengenai Cartridge Printer yang tidak terdeteksi, ada beberapa penyebab yang menjadi penyebab utama terjadinya masalah tersebut diantaranya :

  1. Chip Head Printer Kotor
  2. Cartridge Mau di Reset
  3. Cartridge Rusak.

Berdasarkan beberapa masalah di atas ada 4 penyebab atau factor utama terjadinya Cartridge Error, Nah, Untuk lebih jelasnya dibawah ini akan saya coba untuk mengurainya secara satu persatu.

Chip Head Kotor

Chip yang ada pada bagian Head Printer adalah satu komponen Printer yang mempuyai peranan utama untuk mendeteksi Kondisi Cartridge yang terpasang pada printer, Chip Yang kotor biasanya terjadi ketika kita Mengisi Tinta Printer, yang mana pada saat proses tersebut berlangsung, secara  tidak  sengaja mengotori bagian Chip.  Sehingga Chips menjadi error. Oleh karena itu, sebaiknya setelah anda mengisi tinta, saya harapkan kepada anda untuk mengecek kembali, apakah Chip sudah aman untuk dipasang atau tidak.

Cartridge Minta Reset

Salah satu penyebab utama tidak terdeteksinya cartridge adalah printer sudah tidak bisa lagi mendeteksi Indikator Tinta pada printer, dalam hal ini bisa kita artikan bahwa secara tidak langsung printer tidak bisa melakukan aktifitas cetak-mencetak karena printer mendeteksi bahwa Tinta yang ada pada Cartridge Printer sudah habis.

Ciri-Ciri umum sebelum hal semacam ini terjadi, biasanya akan ada peringatan yang diberikan pada printer yaitu pada tampilan layar monitor, disitu menunjukkan tanda seru tepat di atas Cartridge.yang biasanya kita kenal dengan istilah Low Ink, jadi jika kendala yang anda alami seperti yang saya jelaskan disini, itu berarti cartridge anda masih baik-baik saja, dan belum bisa kita katakan Rusak.

Cek Head Buntu Atau Tidak

Dalam beberapa kasus, Head yang mampet atau buntu bisa juga menjadi kendala utama terhadap tidak terdeteksinya Cartridge Printer, yang mana Cartridge yang buntu biasnya disebabkan karena adanya endapan Tinta yang mengering pada bagian permukaan head. Hal ini terjadi biasanya karena printer yang sudah lama tidak kita pakai. Mengenai printer yang mampet atau buntu, anda bisa lakuhan dengan penbersih khusus Cleaner atau bisa juga rendam dengan air panas.

Bisa Juga Cartridge Rusak

Jika Ketiga langkah diatas telah anda terapkan pada printer anda, lantas tidak memberikan pemecahan itu berarti Cartridge memang sudah tidak bisa kita selamatkan sama sekali, dan harus anda ganti dengan yang baru. Head Printer sudah Aus adalah salah satu alasan mengapa Cartridge menjadi rusak. Umumnya ini disebabkan karena memang Cartridge Printer sudah Lama terpakai atau mungkin saja anda mencetak  dokumen yang jumlahnya terlalu besar hanya dalam satu kali cetak.

Demikian tutoriyal terntang Memperbaiki Cartridge Printer Canon, semoga bisa bermanfaat buat anda selamat mencoba….

Sumber: https://www.ram.co.id/