BPJS Kesehatan Putus Kontrak RS Arga Husada Kediri

BPJS Kesehatan Putus Kontrak RS Arga Husada Kediri

BPJS Kesehatan Putus Kontrak RS Arga Husada Kediri
BPJS Kesehatan Putus Kontrak RS Arga Husada Kediri

BPJS Kesehatan kembali mengingatkan kepada sejumlah rumah sakit yang menjadi mitranya

untuk memperbarui status akreditasi. Sesuai aturan yang berlaku, akreditasi menjadi salah satu syarat wajib untuk memastikan peserta JKN-KIS memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar yang ditetapkan.

“Akreditasi merupakan bentuk perlindungan pemerintah dalam memenuhi hak setiap warga

negara agar mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak dan bermutu oleh fasilitas pelayanan kesehatan. Akreditasi ini tidak hanya melindungi masyarakat, juga melindungi tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit itu sendiri,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kediri Yessi Kumalasari di Kantornya, Kamis (2/5/2019).

Baca Juga:

Pemkot Surabaya Biayai BPJS 550.386 Jiwa
BPJS Kesehatan Pamekasan Terapkan Aplikasi JKN Mobile
Pemkab Banyuwangi Terima Penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan
BPJS Siapkan 8 Posko Mudik

Yessi menjelaskan, akreditasi sebagai persyaratan bagi rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS

Kesehatan seharusnya diberlakukan sejak awal tahun 2014 seiring dengan pelaksanaan Program JKN-KIS. Namun memperhatikan kesiapan rumah sakit, ketentuan ini kemudian diperpanjang hingga 1 Januari 2019 sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 99 Tahun 2015 tentang perubahan PMK 71 Tahun 2013 Pasal 41 ayat (3).

“Kita sudah mengingatkan rumah sakit untuk mengurus akreditasi. Awal tahun lalu, pemerintah sudah memberi kesempatan kepada rumah sakit yang belum melaksanakan akreditasi untuk melakukan pembenahan dan perbaikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” imbuhnya.

Yessi menambahkan, pemerintah juga telah memberikan surat rekomendasi kepada sejumlah rumah sakit mitra BPJS Kesehatan yang belum terakreditasi agar paling lambat 30 Juni 2019 nanti harus sudah terakreditasi. Diluar daftar rumah sakit tersebut, maka Rumah Sakit yang habis masa akreditasi nya tidak bisa melanjutkan kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

“Pada 11 Februari 2019, Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes juga sudah mengirimkan pemberitahuan bagi rumah sakit agar segera terakreditasi,” terang Yessi.

 

Baca Juga :