Beragam Jenis Tanaman Hias Merambat Untuk Mempercantik Rumah

Beragam Jenis Tanaman Hias Merambat Untuk Mempercantik RumahBeragam Jenis Tanaman Hias Merambat Untuk Mempercantik Rumah

Tanaman hias merambat merupakan salah satu jenis tanaman hias favorit untuk mempercantik rumah. Beraneka ragam jenis dan fungsi dari tanaman merambat dapat anda temukan. Walau umumnya tanaman rambat dominan dengan tumbuhan hijau, namun taksedikit juga tanaman rambat yang berbunga harum. Tentu saja hal ini akan mempercantik tampilan atap, dinding, kanopi ataupun pagar anda.

Tanaman hias merambat memeiliki beberapa jenis dan karakteristik sesuai dengan peruntukaknnya. Pada pembahasan kali ini, saya terfokus dalam membahas tanaman hias merambat yang umum ditanam dirumah. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan tanaman hias rambat adalah:

Tanaman Hias Merambat Berbunga Harum

Pemilihan tanaman merambat yang memiliki bunga dapat menjadi alternatif dalam menghias rumah anda. Banyak jenis tanamah hias merambat yang memiliki bunga yang juga berbau harum. Beberapa diantaranya adalah :

English Ivy
jenis tanaman hias merambat -english ivy

Ivy memiliki daun yang rimbun dengan batang menjalar. Daunnya berbentuk segitiga serta memiliki bunga yang terus mekar. Ivy sering dimanfaatkan sebagai penghias dinding luar ruangan dan beberapa menjadikannya sebagai hiasan pada pohon natal. Meskipun memiliki bunga yang cantik, namun ternyata getah dari tanaman merambat ini memiliki senyawa racun yang dapat menimbulkan alergi. Untuk itu bagi anda yang ingin menanam Ivy disarankan untuk menggunkan sarung tangan karet untuk menghindari kontak langsung getah dengan kulit.

Flame Of Irian
jenis tanaman hias merambat berbunga cantik

Namanya didapat dari daerah asalnya Irian atau lebih dikenal dengan Papua. Tumbahan merambat ini memiliki bunga yang cantik dan berwarna cerah, serta mekar sepanjang tahun. Pada alam liar, Flame Of Irian dapat ditemukan merambat pada batang pohon besar. Salah satu pemanfaatan Flame of Irian adalah untuk penghias kanopi ataupun sekedar penghias pada tiang taman. Bentuk bunganya yang menjuntai juga membuat sebagian orang memanfaatkannya sebagai penghias Gazebo ataupun Pergola.

White Clematis
white clematis tanaman merambat berbunga

White Clematis adalah salah satu tanaman meramat yang memiliki bunga yang rimbun dan memiliki aroma yang khas. Selain itu daun tanaman ini juga memiliki aroma yang segar dan jika dihirup mampu meredakan sakit kepala. Meski habitat asli tanaman ini adalah daerah bersuhu dingin, namun tumbuhan ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman penghias pagar maupun gerbang hidup. Batang White Clematis dapat tumbuh antara 3 sampai 6 meter, tapi dibeberapa tempat panjang batangnya mampu mencapai 20 meter.

Arumdalu
arumdalu tanaman rambat berbunga harum

Arumdalu adalah salah satu jenis tanaman merambat yang sudah sangat dikenal bagi masyarakat jawa. Tanaman ini biasanya digunakan untuk mempercantik sudut pekarangan rumah. Salah satu keunikan dari tumbuhan ini adalah aroma bunganya yang cenderung lebih wangi pada malam hari. Sesuai dengan namanya Arum yang berarti Harum dan Ndalu yang berarti Malam hari. Tumbuhan ini sering ditanam pada halaman sekitaran pintu masuk. Hal ini bertujuan agar saat memasuki rumah, maka wangi dari bunganya dapat tercium.

Sumber: https://menitpertama.id/tonggak-id-hadirkan-bank-data-masalah-di-indonesia/