Adapun Pengaruh Negatif Globalisasi Ekonomi

Adapun Pengaruh Negatif Globalisasi Ekonomi

Adapun Pengaruh Negatif Globalisasi Ekonomi
Adapun Pengaruh Negatif Globalisasi Ekonomi

Adapun pengaruh negatif globalisasi ekonomi

Yang dapat menjadi ancaman kedaulatan Indonesia khususnya dalam bidang ekonomi diantaranya:

 

Indonesia akan dibanjiri oleh barang-barang

Dari luar seiring dengan adanya perdagangan bebas yang tidak mengenal adanya bataa-batas negara. Hal ini mengakibatkan semakin terdesaknya barang-barang lokal terutama yang tradisional, karena kalah bersaing dengan barang-barang dari luar negeri.

 

Cepat atau lambat perekonomian negara kita

Akan dikuasai oleh pihak asing, seiring dengan semakin mudahnya orang asing menanamkan modalnya di Indonesia, yang pada akhirnya mereka dapat mendikte atau menekan pemerintah atau bangsa kita. Dengan demikian bangsa kita akan dijajah secara ekonomi oleh negara investor.

Timbulnya kesenjangan sosial yang tajam sebagai akibat dari adanya persaingan bebas

Sektor-sektor ekonomi rakyat yang diberikan subsidi semakin berkurang, koperasi semakin sulit berkembang dan penyerapan tenaga kerja dengan pola padat karya semakin ditinggalkan, sehingga angka pengangguran dan kemiskinan susah dikendalikan

Ancaman di bidang sosial :

Ancaman yang berdimensi sosial budaya

Dapat dibedakan atas ancaman dari dalam, dan ancaman dari luar. Ancaman dari dalam didorong oleh isu-isu kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, dan ketidakadilan. Isu tersebut menjadi titik pangkal timbulnya permasalahan, seperti separatisme, terorisme, kekerasan, dan bencana akibat perbuatan manusia. Isu tersebut akan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa, nasionalisme, dan patriotisme.

Sumber : https://blog.dcc.ac.id/contoh-teks-ulasan/