2 Cara Menghubungkan HP ke TV Tanpa Ribet, Mudah Banget!

2 Cara Menghubungkan HP ke TV Tanpa Ribet, Mudah Banget!

 

2 Cara Menghubungkan HP ke TV Tanpa Ribet, Mudah Banget!
2 Cara Menghubungkan HP ke TV Tanpa Ribet, Mudah Banget!

Pada saat ini perkembangan teknologi sudah semakin canggih. Yang dulunya televisi dan HP masih memiliki warna monokrom, pada saat ini TV maupun HP sudah semakin canggih dan memiliki banyak sekali fitur menarik. Pada saat ini sebuah ponsel dapat disambungkan ke televisi melalui banyak cara. Salah satunya yaitu dengan menggunakan USB.

Terdapat dua cara yang dapat digunakan untuk menyambungkan smartphone Android ke TV menggunakan USB. Pada artikel kali ini mastekno akan memberikan tutorial bagaimana cara menyambungkan smartphone Android ke sebuah TV. Namun perlu kamu perhatikan bahwa ponsel maupun TV kamu harus menunjang untuk melakukan ini. Apabila kamu memiliki TV terbaru atau Smart TV, maka kamu dapat menggunakan fitur Mirror.

2 Tutorial Menghubungkan HP ke TV dengan USB dan Chromecast

Daftar Isi

2 Tutorial Menghubungkan HP ke TV dengan USB dan Chromecast
A. Cara Menghubungkan HP ke TV via USB
B. Cara Menghubungkan HP ke TV via Chromecast

A. Cara Menghubungkan HP ke TV via USB

Cara pertama yang dapat kamu ikuti untuk menyambungkan HP Android ke TV ya itu kamu dapat menggunakan sebuah USB. Namun sebelum itu kamu juga membutuhkan sebuah kabel HDMI yaitu jenis Micro SD USB to HDMI. Jadi kamu tidak bisa menggunakan kabel USB biasa yang sering digunakan untuk pengisian daya baterai. Untuk lebih lengkapnya simak tutorialnya berikut ini.

1. Pertama silakan kamu siapkan kabel HDMI sesuai dengan ponsel yang kamu miliki.

2. Kemudian kamu dapat mematikan terlebih dahulu kabel pada TV yang kamu miliki.

3. Selanjutnya kamu dapat menyambungkan kabel HDMI ke HP dan TV.

4. Maka nantinya akan muncul opsi pada layar HP kamu, silahkan kamu checklist opsi HDMI. Namun apabila tidak muncul opsi tersebut kamu dapat masuk ke menu Pengaturan > HDMI > Checklist.

5. Selesai, maka sekarang smartphone Android kamu sudah dapat terhubung dengan TV.

B. Cara Menghubungkan HP ke TV via Chromecast

Cara kedua yang dapat kamu ikuti untuk menghubungkan HP Android ke sebuah TV yaitu dengan menggunakan perangkat ketiga. Perangkat ini sering disebut dengan Chromecast. Untuk kamu yang belum tahu, Chromecast merupakan sebuah perangkat tambahan yang memiliki bentuk seperti USB flashdisk dan memiliki fungsi seperti WiFi atau hotspot.

Jadi nantinya smartphone Android kamu akan berperan sebagai hotspot sedangkan TV kamu akan berperan sebagai WiFi. Sehingga kamu dapat menghubungkan smartphone Android kamu dengan TV tanpa harus menggunakan kabel HDMI. Berikut ini merupakan cara menggunakan perangkat Chromecast untuk menghubungkan smartphone Android dengan televisi.

1. Pertama silahkan kamu siapkan perangkat Chromecast. Apabila kamu belum memilikinya, maka kamu dapat

 

memberikan di toko online maupun tempat penjualan perangkat TV.

2. Selanjutnya kamu dapat menghubungkan perangkat Chromecast dengan televisi melalui lubang HDMI yang tersedia.

3. Setelah itu kamu dapat menghidupkan hotspot pada smartphone Android yang kamu miliki.

4. Langkah berikutnya yaitu buka aplikasi Chromecast lalu pilihlah pengaturan untuk mengatur sambungan TV dan HDMI.

5. Apabila perangkat meminta set up code, maka kamu dapat menyesuaikan perangkat supaya dapat tersambung.

6. Jika smartphone android dan TV telah sinkron, maka kamu sudah berhasil untuk menghubungkan smartphone Android dengan TV.

7. Apabila telah di sinkronkan, maka Android kamu sudah terhubung dengan TV.

Perlu kamu ingat bahwa dua cara diatas dapat kamu lakukan apabila kamu masih memiliki TV dengan versi yang lama dan belum memiliki teknologi Mirror. karena apabila kamu sudah menggunakan TV terbaru atau Smart TV, maka kamu tidak perlu melakukan buat cara diatas untuk menghubungkan smartphone Android dengan TV. Karena kamu hanya perlu menggunakan fitur Mirror yang telah tersedia pada Smart TV yang kamu miliki. Semoga dapat bermanfaat dan membantu.

Baca Juga: